Ujian Nasional 2013, Amburadul

Ujian Nasional tahun 2013kompas, bukti pemerintah tidak bisa menngelola sistem dengan baik. Ujian Nasional itu bukan hanya menyangkut 2 atau 3 daerah saja, tetapi seluruh daerah dari sabang sampai merauke.  Jadi, ujian nasional itu suatu proyek yang besar, harusnya menyangkut beberapa sistem dan bermain kerjasama. Lantas, kerjasama mana yang sudah diterapkan. Masalah seputar UN yang terjadi pada tahun ini disebabkan karena kerja sistem yang kkurang terkoordinir.

Baru kali ini, ujian dengan judul “nasional” tetapi, penyelenggaraan parsial. Kalau begitu, kemarin judulnya diganti saja jadi “naspar alias nasional parsial”. Fakta yang ada di lapangan, pendistribusian ujian nasional yang  tidak serempak sehingga jadwal UN ditunda. Dampak ini tidak hanya berakibat pada secuil pemerintah saja, tetapi siswa yang akan melaksanakan justru terkena dampak paling besar. Kondisi pikiran dan mental mereka yang sudah siap untuk UN tiba-tiba didownkan dengan ditundanya pelaksaan ujian. Kalau soal belum sampai di seluruh sekolah mengapa jadwal UN tidak diundurkan secara serempak saja.  Kegagalan distribusi naskah soal ini juga dikait-kaitkan dengan tender-tender yang seluruhnya ada di Pulau Jawa. Salah satu tender pencetak naskah soal ada di Surabaya, tetapi Pulau Bali juga ikut menjadi korban keterlambatan pendistribusian naskah soal. Fakta lain tentang buruknya ujian nasional yaitu jumlah soal yang tidak sesuai dengan siswa. Solusi dari Mendikbud ketika jumlah soal yang tidak sesuai dengan jumlah siswa ya gampang saja tinggal difotokopi saja soalnya pakai mesin fotokopi. Kalau lembar jawab yang kurang? ya difotokopi saja lembar jawabnya. Kalau ini solusi terbaik, lantas apakah dijamin soal tidak bocor? apa gunanya menggembor-gemborkan ada banyak kode soal tetapi dalam pelaksanaan justru dari golongan pemerintah sendieri yang membocorkan.
Apabila tahun 2014 UN masih dilaksanakan maka kegagalan UN pada tahun ini seharusnya dapat dijadikan sebagai pengalaman dalam mempersiapkan segala pernak-pernik UN.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s